GUBERNUR JABAR BERI NAMA FASILITAS WISATA BARU DI PANGANDARAN "PAAMPROKAN"

Posted by Operator Pemkab | 2020-10-26 01:28:42 | 2031 kali dibaca

Image

by Operator Pemkab 2020-10-26 01:28:42 2031

HUMAS - Tambah lagi satu fasilitas wisata di Pangandaran yang akan menambah daya tarik wisata Pangandaran yaitu sebuah taman yang akan dibangun pada akhir tahun ini oleh Pemprov Jabar.

"PAAMPROKAN" menjadi nama sebuah taman ruang terbuka publik milik Pemerintah Propinsi Jawa Barat yang berada di pesisir barat pangandaran tepatnya berada di bulak laut pangandaran Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran.( tanah eks Dinsos Pemprov Jabar).

Pemberian nama "PAAMPROKAN" merupakan pemberian dari Gubernur jawa Barat M. Ridwan Kamil saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruang terbuka publik tersebut. Jumat, 23 Oktober 2020. 

"Saya namai "PAAMPROKAN" artinya tempat bertemu", ujar Kang Emil sapaan bagi Gubernur Jawa Barat.

Ia pun menyampaikan penjabaran dari PAAMPROKAN.
"Artinya Pangandaran Menyediakan Pariwisata Objek Pantai disingkatnya PAAMPROKAN", tambahnya.

Beliau pun melanjutkan, Amprok itu bahasa sunda artinya bertemu, diberi awalan pa dan akhiran an, menjadi tempat bertemu jadi paamprokan.

"Memberi nama itu harus enakeun artinya mulia, dan mempunyai kearifan lokal", tambahnya.

Selanjutnya Kang Emil pun berharap untuk memanfaatkan taman ini semaksimal mungkin untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Pangandaran.
" Maksimalkan ini menjadi salah satu gerbang, salahsatunya dengan sering bikin event", tambahnya.

Dalam ruang terbuka publik "PAAMPROKAN" ada berbagai macam fasilitas diantaranya plaza area,  menara pandang, shelter UKM, ruang bermain anak, arena olah raga serta penunjang ruang terbuka publik lainnya.

Menurut Pjs Bupati Pangandaran PAAMPROKAN akan menambah wisata baru serta memecah keramaian.
"Bagi kami di pangandaran, ini adalah sebuah langkah strategis karena dengan bertambahnya satu fasilitas ruang terbuka publik wahana baru yang juga wahana wisata ini akan memperluas area wisata yang sementara ini terkonsentrasi di pantai barat dan timur pangandaran, sehingga pada waktu tahun baru juga lebaran mengalami kemacetan", ujarnya.

Lanjutnya wisata Pangandaran pun akan semakin berkembang.

"Dengan semakin diperluasnya area wisata InsyaAllah pengembangan wisata, wisata pangandaran akan semakin berkembang", ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pjs Bupati Pangandaran Dr. H Dani Ramdan MT, Walikota Banjar Hj. Ade. Uu Sukaesih, Kepala Dinas Tarkim Prov. Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Prov Jabar, Ketua DPRD kab Pangandaran, Sekda Pangandaran Drs. Kusdiana MM, Sekda Kab. Ciamis, Direktur Utama PMB.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran